Wisata ke Taman Nasional Gunung Halimun

Taman nasional gunung Halimun – Salak Bogor: Wilayah hutan gunung halimun salak merupakan ekosistem hutan hujan tropis pegunungan terluas di pulau jawa.

Kawasan ini menyimpan ribuan jenis flora yang hidup dalam sejumlah ekosistem, mulai dari dataran rendah, submontana, montana hingga hutan lumut. Membentang dari barat ke timur, halimun salak memiliki sejarah panjang,yangmelintasi berbagai generasi dan penguasa.

Pemanfaatan lahan telah dimulai pemerintah hindia belanda, yang juga mulai melindungi kawasan ini. Melihat peran penting sebagai ekosistem penyokong peradaban sekitar, pemerintah Indonesia melalui keputusan menteri kehutanan no 175/kpts-II/2003 menggabungkan dua ekosistem gunung halimun dan gunung salak menjadi wilayahyang dilindungi sejak 2003 dengan luas, 113.357 hektare.sebelumnya, pada tahun 1992,pemerintah meneruskan kebijakan perlindungan kawasan gunung halimun sebagai taman nasional seluas 40.000 hektare.

 
 

Perluasan ini mencakup kegiatan usaha penambangan dan pengelolaan enegi panas bumi, yang sebelumnya berada di kawasan hutan lindung/produksi perum perhutani.

sumber : vibizoutbound.com
Wisata ke Taman Nasional Gunung Halimun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown