Mentawai, Surga Selancar Dunia di Sumatera

Indonesia memiliki kekayaan bahari tingkat dunia. Mungkin pernyataan ini sering dalam berita mengingat sebagian besar dari kedaulatan Indonesia adalah laut. Tapi tidak banyak orang yang tahu tentang potensi kelautan negara Indonesia di samping besar wilayah pesisir perikanan dan pariwisata. Indonesia memiliki sekitar 600.000 km dari terumbu karang dan merupakan daerah yang memiliki terumbu karang di dunia malam.

Indonesia memiliki Kepulauan Takabonerate di Sulawesi Selatan, yang merupakan kelompok karang atol terbesar ketiga di dunia setelah atol Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Air laut di sekitar Indonesia juga memiliki potensi untuk diakui di dunia internasional. Kepulauan Mentawai di Laut, oleh berbagai organisasi selancar air ditetapkan sebagai tempat yang memiliki ombak terbaik ketiga setelah Hawaii dan Tahiti.

Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Mentawai yang terletak di jarak 150 km di lepas pantai Pulau Sumatera. Kabupaten 601 km ² area dihuni oleh 64.235 jiwa adalah orang yang paling asli. Kepulauan Mentawai terdiri dari 213 pulau dengan 4 pulau utama yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Beribukota di Tua Pejat, Kabupaten Mentawai terbagi menjadi 4 kecamatan dan 40 desa.

Sampai saat ini, sebagian besar daratan pulau Mentawai masih berupa hutan. Karena melalui sejarah geologis yang panjang, Mentawai memiliki beberapa spesies endemik yang dilindungi. Tercatat ada dua puluh spesies endemik yang hidup di kepulauan ini. Empat di antaranya adalah Primata, monyet atau babi adalah Simakobu (Simias concolor), Bilou atau siamang kerdil (Hylobates klossii), Joja atau lutung Mentawai (Presbytis potenziani), Bokkoi atau beruk Mentawai (Macaca siberut).

Untuk melindungi keberadaan berbagai spesies endemik, dan separuh wilayah Mentawai telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Siberut. Keberadaan Taman Nasional dan hutan hujan di kepulauan indah langsung mendukung berbagai kehidupan di pantai dan laut, termasuk sektor pariwisata. Selama ini, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati berbagai atraksi di wilayah pantai juga sangat terkesan akan keaslian dan keasrian hutan Mentawai.

Kepulauan Mentawai memiliki garis pantai sepanjang 758 km. Potensi utama Kepulauan Mentawai adalah ombaknya yang bergulung dan menjadi tempat yang sangat cocok untuk selancar air (surfing). Kepulauan Mentawai potensi diturunkan ketika dimulai pada pertengahan 90-an, beberapa rumah kunjungan surfer Australia dan melihat ombak yang belum ada di Mentawai. Thesurfer akhirnya menyebarluaskan temuan dan beberapa dari mereka bahkan sampai beberapa resort pantai untuk melayani wisatawan mancanegara yang ingin berselancar di Mentawai.

Posisi geografis di Kepulauan Mentawai di Sumatra Barat lepas pantai menguntungkan bagi pengembangan wisata olahraga ekstrem. Terletak langsung
menghadap
Samudera Hindia menganugerahi Kepulauan Mentawai ombak yang konsisten sepanjang tahun. Antara periode April-Agustus yang bertepatan dengan liburan musim panas di Eropa adalah waktu terbaik untuk berselancar.

Pada musim, ombak Mentawai bisa mencapai tinggi enam meter dan ini adalah yang paling dicari oleh para peselancar air. Kepulauan Mentawai yang telah tercatat 400 titik lokasi berselancar sering digunakan oleh surfer. Surfing titik 400, 23 di antaranya ada satu titik, gelombang internasional. Daerah penyebaran antara lain di daerah Nyang-Nyang, Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk (Pulau Siberut), Katiet Basua (Pulau Sipora) dan Pagai Utara (Pulau Sikakap).

Pengakuan yang diberikan oleh dunia internasional dalam gelombang dapat dilihat dari Mentawai berselancar acara yang diselenggarakan di kepulauan ini. Setiap tahun, diangkat sebagai Mentawai World Champions Surfing Series atau Seri Kejuaraan Dunia Selancar Air yang dijadwalkan setiap minggu pada bulan Agustus. Dengan kejuaraan ini, Mentawai bisa menjaring 3000 wisatawan asing pada tahun 2007. 60% dari kunjungan wisatawan yang datang dari Australia, 39% dari Amerika Serikat, dan sisanya dari Eropa, dan Asia. Setiap wisatawan menghabiskan rata-rata US $ 2500 untuk berselancar di Mentawai.

Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dari surfer, manajer dan pemerintah daerah untuk mendukung beberapa fasilitas. Fasilitas pendukung yang paling penting adalah yang ditentukan 60 spot ombak eksklusif yang tersebar di berbagai pelosok pulau. Spot ombak eksklusif adalah tempat selancar bahwa pengguna dibatasi hingga 10 orang. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi bila crash ketika surfer bertindak.

Selain menetapkan spot ombak eksklusif, pengelola juga mendirikan resor-resor pantai dan berbagai fasilitas pendukung untuk menjamin kenyamanan wisatawan. Diantara resor di Kepulauan Mentawai, terdapat nama-nama lain di pulau makaroni Silabu, Kandui di Pulau Nyang Nyang, Mentawai Saraina Kota, dan Alloyta di Pulau Simakakang, dan Surfing Ground di Katiet. Selain penginapan bernuansa resort, restoran, bar, yang dirancang khusus Mentawai.

Saat ini, Mentawai dapat diakses melalui dua jalur, yaitu jalur udara dan laut., Mentawai dapat dicapai dengan kapal cepat selama 4 jam atau feri pulau selama 10 jam. Selain itu, tersedia 46 kapal pesiar mini yang dapat disewa untuk di Mentawai. Setelah ditutup pada bulan Maret 1999, rute penerbangan Padang-Mentawai kembali dibuka pad tahun 2007. Penerbangan Bandara Internasional-Bandara Rokot memimpin adalah waktu 35 jam dilayani setiap Selasa dan Kamis oleh Sabang Merauke Air Charter (SMAC).



Mentawai, Surga Selancar Dunia di Sumatera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown